Monday 3 December 2012

Mengenal Software Desain Grafis Populer (2D)

Desain Grafis merupakan salah satu bidang yang memiliki prospek bagi perkembagan bisnis disaat ini. Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha atau bisnis di dunia desain grafis, ada beberapa software yang harus Anda kuasai. Setiap software ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan tentunya juga memiliki spesifikasi tersendiri. Baik itu untuk desain interior, editing foto, 3D, bikin banner atau brosur dan lain-lain.


Saya akan paparkan beberapa software desain grafis populer (sering digunakan) untuk desain grafis.


1. Adobe Photoshop
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop atau Sotosop (sama kalangan gaul), adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang mulanya dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Software ini merupakan software paling diminati dalam desain grafis. Software ini memiliki fitur yang tergolong komplit dan canggih baik dalam mengolah gambar atau memperbaiki gambar. Software ini multifungsi, bisa menglakukan banyak hal diantaranya : editing foto, membuat art, membuat desain, membuat gambar bergerak (*gif), dll

Namun adobe photoshop juga mempunyai kekurangan. Fitur untuk membuat gambar berbasis vector pada Adobe Photoshop kurang lengkap.



2. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator merupakan program grafis berbasis vektor yang paling tangguh dan populer. Hal ini karena fasilitas-fasilitas di dalamnya dapat digunakan untuk membentuk objek secara tiga dimensi sehingga hasil yang diperoleh menyerupai objek yang sebenarnya.

Software ini sangat cocok untuk membuat logo, illustrasi, tombol button,dll. Jadi buat anda yang mau belajar desain untuk gambar berbasis vercor, wajib coba software ini. :)





3. CorelDraw


Software yang ketiga adalah CorelDRAW. Software yang pertama kali ane ulik :)) hehe.

Software ini  banyak digunakan untuk menciptakan objek 2 dimensi yang tidak memerlukan tingkat graadasi warna yang kompleks, walau sebenarnya disediakan pula tool untuk membuat gradasi warna.

Dalam bidang bisnis CorelDRAW dipakai luas didunia percetakan seperti untuk membuat logo, disain kartu nama, poster, juga dapat menciptakan tokoh kartun yang asyik, lebih hebatnya CorelDRAW mampu digunakan untuk membuat layout majalah yang menarik, saya sendiri sudah sering menggunakannya dan ini sangat menyenangkan. 

Untuk bisa bermain-main dengan CoreDRAW hal yang perlu dilakukan adalah sering mencoba-coba dan juga perlu ketekunan serta kesabaran. Satu hal yang bagi saya sangat menyenangkan saat bermain-main dengan program yang satu ini adalah hampir semua perubahan bentuk yang kita lakukan langsung bisa kita lihat dan kita lakukan tampa harus melalui serangkaian menu yang terkadang membuat prustasi. Terutaman bagi pemula. 

Kalau menurut saya fitur CorelDraw ga beda jauh sama Paint. Jadi untuk pemula meningan belajar Corel dulu :)

2 comments: