Suatu organisasi khususnya perusahaan/bisnis, hendaknya menginginkan perusahaannya memiliki citra yang baik dipandangan customer atau masyarakat umum. Salah satu cara untuk mengembangkan citra dari suatu organisasi adalah dengan cara membuat brand yang melambangkan citra dari organisasi tersebut.
Apa jadinya jika suatu organisasi salah dalam memilih/ mendesain logonya sehingga menimbulkan kesalahan dalam mengartikan maknanya dan menjadi hal yang konyol. aBerikut ini penulis sajikan beberapa logo perusahaan ternama yang memiliki kegagalan dalam brandnya.
1. Logo Monsat
Niatnya sih mau membuat logo dengan character style dengan membuat parabola menjadi maskot dari logo. Bagus sih bagus tapi ada suatu tiang yang mengganggu. Alhasil malah disalah artikan oleh kustomer. Apa hayoo? hehe
Perusahaan farmasi ini berniat untuk membuat lettermark logo dengan huruf K custom sebagai ikon. Namun jadinya malah disalah artikan oleh masyarakat, karena bentuknya menyerupai siluet dua orang. Hmmm.. Siluet apakah itu?
3. Apotek Bunuh Diri
Maksudnya adalah apotek keluarga, namun jadinya malah seperti satu keluarga yang gantung diri dan sang ibu yang hanya mempunyai satu kaki. Miris =(
4. Pusat Pembelajaran Agama
Wah, kalau ini cukup fatal, icon kubah yang digambar berdekatan dapat disalah artikan. Makannya dalam membuat suatu logo harus difikirkan baik-baik apalagi untuk lembaga sekelas institut keagamaan.
Dari sini kita dapat mengambil pembelajaran bahwa dalam membuat sebuah desain terutama logo yang melambangkan citra organisasi, Janganlah dibuat asal-asalan dan seadanya. Bentuk, makna dan bagaimana penerapannya harus difikirkan/dikonsultasikan dengan baik. Lebih bagus lagi dengan bantuan ahli. Jangan sampai hal-hal konyol atau bahkan kesalahan fatal terjadi.
Demikian post dari penulis, semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment